Beli pulsa murah dan paket internet di appay.id
Cara Jitu Laptop Terbebas dari Virus
Cara Jitu Laptop Terbebas dari Virus

5 Cara Laptop Terbebas dari Virus, Trojan dan Malware

Komputer atau laptop yang menjalankan sistem operasi Windows memang sangat rentan akan terserangnya virus dan trojan. Banyak pengguna yang mengeluhkan hal tersebut. Lalu, bagaimana cara membuat agar laptop bebas dari virus?

Gak perlu khawatir, maka dari itu Azka hadir di sini untuk memberikan solusi. Melalui artikel ini, Azka akan memberitahu 5 Cara laptop terbebas dari Virus, Trojan dan Malware seperti apa caranya untuk membuat laptop kamu aman dan bebas dari serangan virus.

Agar, tidak banyak basa basi langsung simak pembahasannya dibawah ini ya guys:

1# Install Antivirus Terbaik

Pada saat ini, sudah banyak sekali yang menawarkan software antivirus terbaik untuk pengguna komputer. Namun, apakah itu benar-benar antivirus yang ampuh untuk menjaga serta melindungi laptop kamu?

Jika kamu masih merasa ragu, kami saran untuk install Microsoft Security Essentials untuk membuat proteksi yang lebih tinggi. Atau, kamu bisa menggunakan antivirus lainnya untuk perlindungan atas laptop berbasis Windows kamu.

2# Update Windows

Kebanyakan dari kita pasti mematikan fitur Auto Update yang ada di Windows. Biasanya, alasannya adalah karena saat update itu membutuhkan waktu yang lama. Atau, alasan yang paling klasik adalah karena Windowsnya bajakan.

Cara Laptop Terbebas dari Virus, Trojan dan Malware

Namun, jika kamu rutin untuk meng-update Windows kamu, maka dijamin kamu akan terbebas dan terhindar dari serangan virus ataupun trojan. Mau laptop kamu kena virus atau tidak? tentunya tidak ya.

3# Aktifkan Firewall

Pada saat laptop terhubung dengan koneksi internet, maka virus dan trojan ataupun malware akan memiliki akses yang cukup baik untuk menyerang laptop. Maka dari itu, Azka sangat menganjurkan untuk mengaktifkan Firewall.

Mungkin ketika kamu install antivirus seperti halnya Kaspersky atau Avast, itu memberikan akses firewall bawaan. Namun, jika kamu tidak menggunakan antivirus apapun Azka sarankan untuk selalu nyalakan sistem firewall kamu ya.

4# Update Browser

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ketika laptop terhubung dengan koneksi internet, maka itu bisa menjadi akses virus masuk ke dalam laptop kamu. Terutama, pada saat kamu membuka browser, itu akan menjadi akses utama virus untuk berdatangan.

Jadi, apa solusinya? Mudah, kamu hanya perlu men-update browser kamu serta membuat pengaturan keamanan browser lebih baik lagi. Misalnya, aktifkan peringatan jika ada situs yang mencurigakan atau tidak jelask, dan lainnya.

5# Jangan Pernah Buka Email dan Situs Aneh

Sebuah kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh pengguna laptop adalah ketidaksengajaan atau rasa ingin tahu untuk membuka email ataupun situs yang aneh. Namun, dampaknya laptop kamu akan terjangkit virus akibat hal itu.

Makanya, jangan pernah membuka email serta situs yang aneh bahkan tidak jelas asal-usulnya dan mencurigakan. Jika kamu tidak tahu itu situs apa, langsung saja tutup dan jangan mencoba untuk membukanya kembali.

Itulah 5 Cara laptop terbebas dari Virus , trojan dan juga malware, semuga artikel ini dapat membantu ya dan dapat bermemfaat jangan lupa untuk share keteman-teman media social kamu.

Agar juga mereka tahu betapa pentingya untuk menjadi laptop dari serangan virus, trojan serta malware.

Azka.id merupakan sebuah website yang membahas teknologi, baik itu aplikasi smartphone, tutorial android, komputer, berita dan tips kesehatan serta artikel menarik lainnya.

More Stories
Cara Share Antar Komputer Tanpa Flashdisk
Tanpa Flashdisk! Cara Mudah Sharing Folder Antar Komputer.