9 Pahlawan Penemu Teknologi Digital

Tanpa para pahlawan teknologi digital ini kita mungkin saja tak akan hidup seperti saat ini. tidak akan ada komputer, Tidak akan ada internet dan tidak akan ada ponsel pintar. Berikut Ini 9 Pahlawan Penemu Teknologi Digital yang perlu kamu tahu.

1. Martin Cooper

Martin Cooper berkebangsaan Amerika Serikat, dia merupakan Bapak Ponsel. Martin menjabat sebagai manajer umum Motorola’s Communications Systems Division Pada tahun 1970. Martin Cooper Bersama dengan timnya mengembangkan ponsel pertama yang kelak dinamakan sebagai Motorola Dyna-Tac. Pada 3 April 1973, Martin mendapatkan kehormatan untuk melakukan panggilan pertama menggunakan ponsel portable tersebut. Saat ini, Martin Cooper menjadi CEO di perusahaan bernama ArrayComm Inc.

2. Willard Boyle

Willard Boyle merupakan Bapak Kamera Digital. Boyle bersama koleganya George E. Smith saat berkarir di Bell Laboratories pada 1969 menciptakan teknologi CCD. Teknologi ini sangat berperan besar terhadap perkembangan kamera digital. Dengan teknologi tersebut gambar dapat dikonversi secara langsung menjadi data digital. Pria berkebangsaan Kanada dan Amerika Serikat itu meraih penghargaan sangat bergengsi karena penemuannya tersebut, yaitu Nobel Fisika pada tahun 2009. Willard telah meninggal pada tahun 2011 lalu.

3. Tim Berners Lee

Tim Berners-Lee merupakan Penemu World Wide Web (www). Dia menyusun sebuah sistem untuk mengorganisasi, menghubungkan serta menjelajah dunia maya dalam komputer. Dia menciptakan program ini saat masih bekerja di CERN di Jenewa. Tim saat ini menjabat sebagai direktur World Wide Web Consortium (W3C) di Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang bermarkas di Boston. Pada tahun 2004 dia diberi penghargaan sebagai Greatest Britons atau Orang Inggris Terhebat.

4. Vint Cerf & Robert Kahn

Vint Cerf & Robert Kahn merupakan Bapak Internet. Vint Cerf, developer protokol ARPANET Network Control Program (NCP) Pada tahun 1970 bergabung dengan koleganya Robert Kahn dari Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA). Mereka berdua mendesain TCP/IP (Internet Protocol Suit). Vint Cerf & Robert Kahn tersebut telah menerima begitu banyak penghargaan karena jasa mereka yang luar biasa sehingga dunia saat ini mengenal dunia internet.

5. Ralph H. Baer

Ralph H. Baer merupakan Bapak Video Game. Ralph yang lahir di Jerman ini mengembangkan sistem konsol video game pertama pada tahun 1960-an. Namanya adalah Brown Box yang teknologinya dilisensi pada perusahaan bernama Magnavox. Dari pengembangannya tersebut dia berhasil melahirkan sebuah konsol game bernama Oddysey. Pada tahun 2006, dia mendapat penghargaan bergengsi National Medal of Technology yang diserahkan presiden Amerika Serikat George W. Bush. Penghargaan tersebut diberikan berkat jasanya yang telah mempelopori teknologi konsol video game. Dia meninggal dunia pada tahun 2014.

6. Henry Edward ‘Ed’ Roberts

Henry Edward ‘Ed’ Roberts merupakan Bapak Komputer Personal. Henry adalah pendiri perusahaan bernama Micro Instrumentation and Telemetry Systems (MITS) pada tahun 1970. Perusahaan tersebut mengembangkan Altair 8800 yang juga disebut sebagai komputer personal pertama di dunia. Altair 8800 yang memakai mikroprosesor Intel 8080 memicu tokoh besar selanjutnya seperti Bill Gates untuk mengembangkan software komputer. Pria berkebangsaan Amerika Serikat itu meninggal dunia di umurnya ke 69 tahun pada tahun 2010.

7. Bill Moggridge

Untuk menentukan siapa penemu Laptop yang sesungguhnya memang sangat membingungkan. Namun, Beberapa pihak menilai penemunya adalah Bill Moggridge yang mendesain laptop pertama bernama GRiD Compass.

8. Adam Osborne

Adam Osborne juga disebut-sebut sebagai penemu laptop, laptop Osborne 1 yang dianggap sebagai komputer portabel dan komersial pertama. Namun, keduanya dinilai punya peran sama pentingnya dalam penemuan komputer jinjing.

9. Ray Tomlinson

Ray Tomlinson merupakan Bapak Email. Ray kuliah di Massachusetts Institute of Technology. Selanjutnya dia bekerja di perusahaan Bolt Beranek and Newman, sekarang bernama Raytheon BBN Technologies. Di perusahaan tersebutlah, Ray menemukan cara bertukar pesan antara orang satu dengan lainnya di komputer dan server berbeda. Program itu bekerja di jaringan komputer ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), cikal bakal internet saat ini. Penemuan pada tahun 1971 itu diakui secara luas sebagai awal mula email. selain itu, Tomlinson juga dikenal sebagai penemu lambang @.

Tulisan Terkait

Tinggalkan Komentar