Beli pulsa murah dan paket internet di appay.id

Cara Cek Pajak Kendaraan Online

Sudah pada tahu belum kalau cek pajak kendaraan bermotor saat ini sudah bisa dilakukan dengan sangat mudah dengan adanya fasilitas cek pajak kendaraan online, jadi dengan fasilitas cek pajak online ini kamu dapat melakukan pengecekan pajak kendaraanmu dimanapun dan kapanpun.

Bagi kamu yang punya kendaraan pribadi saat ini sudah tidak perlu repot lagi untuk mengunjungi kantor samsat hanya untuk mengurus pajak kendaraan. karena saat ini, kamu semakin dimudahkan dalam menunaikan kewajibanmu sebagai wajib pajak.

Sangat perlu kamu ketahui , tarif pajak kendaraan bermotor telah diatur dalam perundang – undangan yaitu Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang perubahan atas peraturan daerah nomor 8 tahun 2010 tentang pajak kendaraan bermotor. 

Dalam istilah perpajakan, kendaraan bermotor akan digolongkan sebagai objek pajak, sedangkan wajib pajak atau pemilik kendaraan bermotor disebut sebagai subjek pajak. 

Mungkin kamu sudah mengetahui kalau pajak motor itu termasuk dalam pajak progresif, yang mana tarif pajak akan meningkat sesuai dengan nilai objek pajak dan kuantitas dari objek pajak itu sendiri. Jadi, semakin banyak kendaraan yang kamu miliki, maka akan semakin tinggi juga persentase tarif pajak kendaraan yang perlu kamu bayar. 

Persentase tarif tersebut dihitung dari nilai jual kendaraan bermotor (NJKB) yang dikeluarkan oleh agen pemegang merek (ATPM) ataupun oleh produsen motor. 

Persentase tarif pajak kendaraan bermotor untuk kepemilikan kendaraan bermotor pertama adalah sebesar 2 persen dari nilai jual kendaraan bermotor (NJKB). Jika ada penambahan kendaraan bermotor, maka persentase tarif pajak juga akan mengalami peningkatan 0,5 persen. 

Begini penjelasannya, kalau kamu saat ini memiliki tiga unit kendaraan bermotor, maka tarif pajak kendaraanmu akan menjadi: 

  • Kendaraan pertama, sebesar 2 persen dari nilai jual kendaraan bermotor (NJKB).
  • Kendaraan kedua, sebesar 2,5 persen dari nilai jual kendaraan bermotor (NJKB).
  • Kendaraan ketiga, sebesar 3 persen dari nilai jual kendaraan bermotor (NJKB).

Nilai jual kendaraan akan mengalami penurunan disebabkan karena adanya penyusutan nilai jual. Oleh karena hal itu, perhitungan nilai jual kendaraan bermotor (NJKB) sebagai dasar pengenaan tarif pajak kendaraan bermotor juga akan ditinjau setiap tahunnya.

Cara cek pajak kendaraan bermotor sebelumnya hanya dapat dilakukan dengan cara melihat informasi yang tercantum pada STNK atau mengunjungi kantor samsat terdekat secara langsung. namun saat ini kamu sudah tak perlu repot karena semua sudah dapat dilakukan dengan mudah.

Penasaran, bagaimana cara cek pajak kendaraan bermotor yang mudah dilakukan, kapan pun dan di mana pun? Nah kali ini azka akan memberikan informasi yang kamu perlukan, Tak hanya satu cara, Namun ada empat cara cek pajak kendaraan bermotor sekaligus yang bisa kamu pilih. Berikut ini 4 cara cek pajak kendaraan bermotor yang pelu kamu ketahui .

1. Aplikasi e-Samsat

Berkat adanya aplikasi e-Samsat ini. cek pajak kendaraan bermotor sudah bisa dilakukan secara online. Kamu hanya perlu meng-install aplikasi e-Samsat di smartphone kamu, Aplikasi e-Samsat yang kamu install harus sesuai dengan provinsi tempat kendaraanmu didaftarkan.

Khusus bagi warga DKI Jakarta, kamu hanya perlu  meng-install aplikasi “Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta”. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa dengan mudah mendapatkan informasi mengenai besaran pajak kendaraan yang harus dibayar, nilai jual kendaraan, serta denda keterlambatan.

Untuk menggunakan fitur Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta, kamu hanya perlu memasukan nomor polisi kendaraan dan nomor induk kependudukan (NIK) pemilik kendaraan.

Bagi kamu yang berada di provinsi lainnya. tak perlu khawatir, ada aplikasi e-Smart Samsat Jatim (Jawa Timur), Sambara (Samsat Online Jawa Barat), serta Sakpole alias Sistem Administrasi Pajak Online di Jawa Tengah.

Namun sangat disayangkan, aplikasi e-Samsat tersebut belum tersedia di seluruh provinsi di Indonesia dan aplikasi e-Samsat tersebut hanya bisa digunakan di smartphone Android saja.

2. Situs resmi e-samsat

Selain aplikasi diatas, cek pajak kendaraan bermotor secara online juga bisa dilakukan melalui situs resmi samsat yang dibagi per wilayah. Namun, hanya beberapa wilayah tertentu yang menyediakan fasilitas ini untuk saat ini. Berikut wilayah yang telah menyediakan fasilitas cek pajak kendaraan secara online.

1. DKI Jakarta 

Jika kendaraanmu terdaftar di wilayah DKI Jakarta, silahkan kunjungi PKB online untuk mengecek pajak kendaraan bermotor yang perlu dibayar. berikut ini caranya:

  1. Kunjungi situs resmi samsat PKB Jakarta.
  2. Pada kolom “Nopol B”, masukkan nomor polisi kendaraan.
  3. Pada kolom “NIK”, masukkan nomor KTP pemilik kendaraan.
  4. Lalu Klik tombol “Proses”. Selesai

2. Jawa Tengah

  1. Kunjungi situs Badan Pengelola Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Tengah.
  2. Pilih menu “Informasi”.
  3. Klik sub-menu “Info Kendaraan Bermotor”.
  4. Isi nomor polisi kendaraan pada kolom “kendaraan”.
  5. Klik “Kirim”. Selesai

3. Jawa Timur

Untuk wilayah Jawa Timur, kamu bisa cek pajak kendaraanmu secara online melalui situs resmi Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur.

  1. Kunjungi situs Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur.
  2. Klik “Info Pajak Kendaraan” pada bagian “QuickInfo”.
  3. Isi nomor polisi kendaraan pada kolom “Nomor Polisi”.
  4. Isi kode verifikasi sesuai gambar yang muncul.
  5. Klik “Cari”. Selesai

Selain dari tiga wilayah diatas, sistem e-samsat juga tersedia di beberapa wilayah lain, seperti Yogyakarta, Aceh, Riau, Sulawesi Tengah, dan Kepulauan Riau.

Azka.id merupakan sebuah website yang membahas teknologi, baik itu aplikasi smartphone, tutorial android, komputer, berita dan tips kesehatan serta artikel menarik lainnya.

More Stories
Cara Melacak Lokasi Pakai WhatsApp, 100% Ampuh!
Cara Melacak Lokasi Pakai WhatsApp, 100% Ampuh!