Click to support us

Cara Membootable Flashdisk Untuk Install Windows dan OS Lainnya

Last updated:

Untuk dapat melakukan instalasi sistem operasi dengan menggunakan flashdisk, anda wajib terlebih dahulu membuat flashdisk yang akan digunakan menjadi bootable.

Namun, Ada dua hal yang perlu anda perhatikan sebelum melakukan bootable pada flashdisk anda. hal pertama yang perlu anda persiapkan adalah sebuah flashdisk berkapasitas lebih besar daripada file ISO yang akan diinstall nantinya dan hal kedua yang perlu anda siapkan adalah sebuah software pihak ketiga untuk melakukan flashdisk bootable.

Cara membootable flashdisk

Ada 2 cara membootable flashdisk yang bisa anda gunakan. yaitu, menggunakan software Rufus atau bisa juga menggunakan software UNetbootin.

1. Rufus

Rufus adalah sebuah software buatan Akeo Consulting yang dapat digunakan untuk membootable flashdisk supaya bisa digunakan untuk melakukan instalasi OS, baik itu windows atau linux.

Melalui website resminya, Rufus mengklaim bahwa dirinya lebih cepat dibandingkan dengan software sejenis seperti UNetbootin dan WinToBootic. Menurut saya, Proses bootable flashdisk menggunakan Rufus memang tergolong cepat dan jarang mengalami corrupt. Rufus sangat saya rekomendasikan bagi anda yang ingin membootable flashdisk.

#Cara Menggunakan Rufus

1. Pertama download dulu software Rufus disini.

2. Tancapkan flashdisk ke laptop atau PC anda, dan buka aplikasi Rufus yang telah anda download tadi.

3. Setelah itu, flashdisk secara otomatis akan terdeteksi

4. lalu klik ikon DVD drive seperti yang telah saya beri tanda panah, kemudian pilih file ISO yang anda inginkan, kemudian pilih Open.

5. Secara otomatis nama dan file sytem pada flashdisk anda akan berubah. Anda dapat mengubah nama flashdisk anda sesuai keinginan pada kolom New volume label. Setelah itu pilih Start.

6. Akan ada notififikasi peringatan yang memberi tahu bahwa semua data yang terdapat pada flashdisk akan dihapus. Untuk itu, pastikan membackup terlebih dahulu data penting anda yang terdapat pada flashdisk. Lalu pilih OK.

7. Proses pemindahan file ke flashdisk membutuhkan waktu beberapa menit. Tergantung besaran ukuran File ISO.

8. Jika pada progress bar yang berwarna hijau sudah penuh serta ada tulisan READY pada bagian bawah, itu artinya flashdisk sudah selesai di bootable dan siap untuk digunakan, Selesai.

2. UNetbootin

UNetbootin adalah software kedua yang saya rekomendasikan untuk melakukan bootable pada flashdisk. Karena software UNetbootin pantas menjadi rival terkuat dari Rufus daripada software WinToFlash.

#Cara Menggunakan UNetbootin

Berikut ini tutorial cara menggunakan UNetbootin untuk membootable flashdisk secara mudah:

1. Download dulu software UNetbootin disini.

2. Tancapkan flashdisk ke laptop atau PC anda.

3. Buka software UNetbootin. Flashdisk anda secara otomatis akan terdeteksi, seperti yang terlihat pada kolom Drive: I:\ .Kemudian pilih Diskimage dan klik tombol

4. Pilih file sistem operasi (ISO) yang anda inginkan, misalnya Windows 7 dan pilih Open.

5. Setelah memilih file sistem operasi yang dinginkan, selanjutnya pilih OK.

6. Misalnya mendapat notifikasi, pilih Yes to All.

7. UNetbootin akan mulai melakukan ekstrak dan copy file ke dalam flashdisk. Proses ini memakan 10 menit atau lebih.

8. Jika ada tulisan Installation Complete, Berarti flashdisk anda sudah selesai di bootable.

Langkah selanjutnya mengatur agar booting pertama kali dilakukan dari flashdisk. Silahkan anda masuk ke menu BIOS. Selesai, anda tinggal melakukan instalasi sesuai dengan sistem operasinya.

Kedua software tersebut dapat di download dan digunakan secara gratis, Rufus dan UNetbootin sama-sama memiliki fungsi membootable flashdisk. Walau proses mengcopy file ke flashdisk lebih lama jika anda menggunakan UNetbootin. Namun, anda dapat menggunakan UNetbootin untuk membootable flashdisk agar bisa digunakan sebagai media instalasi OS.

Semoga tutorial cara membootable flashdisk diatas dapat bermanfaat dan jika ada hal yang perlu ditanyakan, silahkan komentar dibawah.