Cara Mempercepat Kinerja Laptop Yang Lemot

Last updated:

Saat ini sudah banyak yang memiliki serta menggunakan Laptop, laptop lebih populer di bandingkan komputer karena bisa dibawa kemanapun. Dengan adanya Laptop kini kita dapat mengerjakan tugas atau laporan dimanapun kita mau.

Selain itu, spesifikasi laptop kini juga sudah semakin tinggi dan semakin ringan untuk digunakan. Namun, tak jarang juga laptop yang kita pakai terasa lambat. Ada beberapa hal yang mungkin menyebabkan laptop kalian menjadi lemot.

Kinerja laptop melambat bisa disebakan karena infeksi virus, kapasitas harddisk, kapasitas RAM yang kecil, serta masalah yang lainnya. Nah, kali ini saya akan membagikan beberapa cara untuk mempercepat kinerja laptop supaya menjadi lebih cepat dari sebelumnya.

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Yang Lemot

1. Hapus File di Recycle Bin
Sampah yang menumpuk pada recycle bin laptop kalian bisa menjadi penyebab dari laptop kalian yang melambat.

2. Perbesar Kapasitas RAM dan Harddisk
Karena banyak aplikasi yang terinstall sehingga proses sehingga mempengaruhi kinerja laptop yang akhirnya menjadi melambat. Untuk mengatasi hal tersebut kalian harus meningkatkan kapasitas RAM dan Hardisk pada laptop kalian.

3. Minimalkan Program Startup
Silahkan nonaktifkan program yang tidak penting pada program Startup. Jika terlalu banyak program yang berjalan pada program startup maka kinerja laptop akan menjadi lemot. Silahkan matikan program yang tidak penting, caranya tekan tombol Win + R > ketikkan “msconfig” > Startup > Uncheck pada program yang ingin dinonaktifkan.

4. Uninstall Program Tidak Penting
Cara uninstallnya sangat mudah, silahkan klik menu Start > Control Panel > Uninstall a program kemudian pilih program yang ingin di uninstall.

da block

Automatic Ad Middle Of Content

5. Custom Virtual Memory
Untuk mengatasi laptop yang lemot, kalian bisa mencoba melakukan custom virtual memory. Berikut cara mengatur besaran memori virutual:

Silahkan buka Control Panel > System and Security > System. Atau bisa dengan cara tekan tombol Windows + Pause Break > Advanced system settings.
Setelah itu pilih tab Advanced > pada menu Performance > Settings.
Lalu pada tab Advanced > pada Virtual memory > pilih Change.
Silahkan uncheck pada “Automatically manage…”, kemudian pilih Custom size dan tentukan jumlah size memory virtual yang di inginkan. Jika sudah, klik Set dan pilih OK.

6. Menginstall Antivirus
Laptop menjadi lemot bisa disebabkan karena adanya virus pada Laptop kalian, jadi lebih baik kalian menginstall antivirus pada laptop kalian.

7. Gunakan Disk Defragmenter
Fragmentasi yang terjadi pada data laptop membuat drive laptop bekerja lebih keras dari normalnya sehingga hal itu membuat kinerja laptop melambat. Oleh karena itu, saya sarankan untuk menggunaan disk defragmenter untuk menyusun kembali data-data pada laptop yang terpisah-pisah. Caranya klik kanan drive yang ingin didefrag > klik Properties > kemudian pilih Defragment now pada Tools.

8. Gunakan Disk Cleanup
Kalian bisa menggunakan tools Cleanup untuk menghapus file sementara yang terdapat pada disk laptop kalian. Kalian bisa memilih drive mana yang akan dibersihkan. Untuk menggunakannya, silahkan klik kanan pada drive yang ingin dibersihkan > pilih Properties > Disk Cleanup. Atau bisa juga menggunakan aplikasi disk cleaner lainnya.

9. Hapus Gadget pada Dekstop
Gadget pada dekstop juga bisa memengaruhi kinerja laptop, semakin banyak gadget yang ditampilkan pada dekstop maka kinerja komputer juga akan semakin melambat.

10. Mengaktifkan Hibernate Mode
Fungsi hibernate untuk menyimpan semua kerja memori ketika laptop dimatikan, kemudian akan dikembalikan ke awal mula sebelum dihibernate. Untuk menggunakannya, tekan Win + i > System > Power & Sleep > Additional power settings, kemudian pada Power Option > pilih “Chose what the power buttons do” lalu klik “Change settings…”.