Cara Mempercepat Kinerja Windows 10

Jika Anda merasa bahwa windows anda berjalan sangat lambat, maka Anda sekarang sedang membaca solusi terbaik untuk mempercepat windows 10. Melambatnya kinerja windows dikarenakan oleh beberapa faktor, mulai dari software, hardware, driver, register dan lain sebagainya.

Mungkin beberapa dari Anda sangat gondok dengan kecepatan windows yang semakin hari semakin melambat. Tunggu dulu, jangan salahkan software ataupun hardwarenya, siapa tau komputer Anda lambat adalah karena ulah Anda sendiri! Misalnya, kemasukan ADWARE atau MALWARE yang secara umum akan menurunkan performa komputer.

Sebelum Anda berniat untuk merancang komputer high-end dengan total budget yang besar dengan dalih mendapatkan kecepatan dan performa yang lebih baik, sebaiknya cek cara mempercepat kinerja Windows 10 dibawah ini.

1# Restart Komputer

Ini adalah cara yang sangat sederhana. Namun, bisa Anda gunakan disaat terjadi Hang ataupun terjadi lambatnya processing.

2# Nyalakan Mode High Performance

Klik kanan pada tombol Start > lalu ketik Power Options. Di jendela Control Panel, pindahkan ke opsi Tampilkan Opsi Tambahan (Show Aditional Options). Aktifkan mode High Performance.

3# Non-aktifkan Program Startup

Sering kali terjadi sebuah beban loading yang berat di windows saat awal-awal dinyalakan. Anda bisa mengurangi beban tersebut dengan cara yang cukup mudah. Pergi pada Task Manager > CTRL + Delete > Pilih Task Manager setelah itu, pindah ke tab Startup – Disable program-program yang tidak penting supaya mengurangi beban load startup.

4# Menggunakan Software CCleaner

Dengan menggunakan software gratisan ini juga bisa membantu mempercepat windows 10. Beberapa fitur yang ditawarkan, sangat berguna untuk memperbaiki beberapa kesalahan yang terjadi dalam sistem.

5# Mempercepat Windows 10 dengan Solid State Drive (SSD)

Teknologi terbaru yang memungkinkan media penyimpanan (Harddrive) dengan menggunakan sistem chipset seperti flashdisk. Tentunya dengan ukuran data yang lebih besar serta kecepatan write and read data yang sangat cepat.

Kecepatan SSD sebetulnya beragam. Namun, satu hal yang pasti, proses kinerja windows 10 akan jauh meningkat berkali-kali lipat saat telah memasang SSD sebagai partisi utama installasi windows.

Cara Mempercepat Kinerja Windows 10

Jika menggunakan harddrive normal data akan disimpan pada sebuah sektor, maka dengan SSD setiap data akan disimpan didalam media chipset tanpa perlu sektor, hal ini sangat mengurangi waktu untuk read data, pada saat membuka program apapun kecepatannya akan jauh berbeda.

Harga SSD juga bermacam, mulai dari 128GB seharga Rp 700.000 hingga 1TB seharga Rp 4.000.000. Namun, untuk kecepatan dan pengalaman penggunaan komputer yang fantastis, tidak ada salahnya mulai menabung untuk membeli SSD.

6# Upgrade Hardware Komputer

Disini saya tidak akan muluk-muluk, jika Anda ingin mempercepat windows dalam segi loading dan booting, harap dipastikan dulu bahwa PC Anda memiliki RAM minimal 8GB. Dibawah itu, bersiap akan merasakan lambatnya pergantian program dan tersedatnya proses penjalanan program. Harga RAM 8GB saat ini sekitar Rp 1.000.000

7# Melakukan Pengecekan Malware, Adware dan Virus

Masalah ini paling sering saya jumpai. Mendadak Komputer menjadi lambat serta muncul iklan-iklan tidak mengenakan. Biasanya masalah ini disebabkan oleh Malware & Adware, tapi tidak jarang juga ada Virus yang memiliki kemampuan untuk memperlambat kinerja komputer Anda seperti Trojan, Worm, dll.

Setelah Anda yakin komputer Anda bukanlah terkena Malware atau Adware, sekarang coba lakukan installasi Antivirus Gratis seperti BitDefender untuk melakukan Scanning File. Jika ternyata, virus telah merajalela dikomputer Anda dan menghalangi proses installasi Antivirus. Maka cara termudah bagi Anda adalah melakukan Backup semua data di drive C.

8# Install Ulang Windows 10

Langkah ini saya rasa sudah terkenal dan tidak perlu dijelaskan panjang lebar. Jika Anda belum mengerti cara install ulang windows, sebaiknya belajar. Karena sejatinya melakukan installasi ulang pada windows itu sangatlah mudah.

Dan yang Anda butuhkan hanyalah copyan windows baik itu original ataupun pirated dalam DVD atau Flashdisk, lalu melakukan startup install ulang. Tinggal klik next, lalu pelajari sistem Partisi Harddisk.

9# Update Driver Hardware & Matikan Windows Update

Seperti judulnya, setelah Anda melakukan install ulang, pastikan semua driver diupdate ke versi terbaru. Misalnya, Driver Audio, driver VGA, driver Chipset Mainboard, driver Ethernet, driver USB, dll. Setelah itu, jika windows Anda adalah bajakan jangan lupa untuk mematikan Windows Update supaya tidak terjadi masalah.

Demikianlah beberapa informasi cara mempercepat kinerja windows 10, semuga dapat bermemfaat.