fbpx

Cara Mengatasi Insomnia

Insomnia atau sulit tidur dapat membuat badan terasa sangat capek saat terbangun.

Masalah lain yang dihadapi akibat insomnia, tidak semua orang mendapatkan waktu tidur yang cukup serta berkualitas. Orang dewasa memerlukan waktu istirahat sekitar 6 – 8 jam perhari.

Tidur atau istirahat yang cukup dan berkualitas sangat diperlukan oleh tubuh setelah lelah menjalani aktifitas seharian. Namun, tidak semua orang dapat beristirahat atau tidur dengan nyenyak.

Waktu istirahat atau tidur yang kurang dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh, kesehatan jiwa atau pikiran serta kesehatan seksualitas.

Bagaimana cara mendapatkan waktu istirahat atau tidur yang cukup dan berkualitas?

Simak Cara Mengatasi Insomnia Berikut Ini:

#Membatasi konsumsi kafein dan batasi nikotin

Untuk mengatasi insomnia anda perlu menghindari mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein sebelum tidur. seperti kopi, setidaknya 4-6 jam sebelum waktu tidur.

Hindari juga nikotin, sama dengan kafein, nikotin juga dapat membuat Anda insomnia, maka hindari kebiasaan merokok sebelum tidur.

#Rileks sebelum tidur

Agar pikiran anda rileks dan tenang maka lakukanlah relaksasi 10 menit sebelum tidur, selain melakukan relaksasi anda juga dapat membaca bacaan ringan, meditasi, mendengarkan musik instrumental, atau dengan menghirup aroma therapy.

#Ciptakan suasana kamar yang tenang

Matikan lampu didalam kamar anda. Suasana kamar yang gelap dan sunyi dapat membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak, matikan televisi dan jauhkan gadget.

#Makan dengan porsi yang cukup dan baik bagi kesehatan

Jangan mengkonsumsi makanan berat sebelum tidur karena hal itu dapat membuat tubuh Anda bekerja lebih ekstra untuk mencernanya

Susu yang rendah lemak, alpukat, ikan tuna, telur, labu, pisang, gandum, atau sup asparagus, bisa menjadi pilihan menu yang dapat membantu tidur Anda

Hindari minum air terlalu banyak sebelum tidur agar tidur anda nyenyak tanpa terganggu untuk buang air kecil.

#Hindari tidur siang yang terlalu lama

Tidur siang yang lebih dari 1 jam per hari dapat membuat Anda mengalami insomnia malam harinya.

Menjaga kualitas tidur merupakan hal penting yang harus diterapkan sejak dini. Karena selain merugikan diri sendiri, gangguan tidur juga dapat berdampak pada produktivitas kerja dan hubungan emosional dengan sesama.

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.

More Stories
Usaha Rumahan Modal Kecil Dengan Keuntungan Besar