Cara Menggunakan VPN Paling Mudah, Aman Dan Tepat 2019

VPN, atau Virtual Private Network, adalah cara bagi individu dan perusahaan untuk melindungi data dan identitas pribadi Anda. VPN digunakan untuk memblokir alamat IP Anda dan mengalihkannya ke tempat lain. Ini berguna untuk memblokir pihak agar tidak melacak data dan kebiasaan menjelajah Anda, atau melihat situs web atau layanan yang mungkin tidak tersedia di wilayah Anda. VPN juga memberi Anda tingkat keamanan ekstra terhadap agen atau peretas pemerintah, terutama ketika menggunakan layanan Wi-Fi publik. Beberapa VPN memungkinkan karyawan perusahaan untuk mendapatkan akses ke sumber daya perusahaan di luar kantor. Ada banyak layanan VPN untuk Anda gunakan yang gratis dan berbayar. Menggunakan VPN semudah menginstal perangkat lunak di komputer, tablet, atau bahkan ponsel cerdas Anda dan meluncurkan aplikasi.

1. Nyalakan komputer Anda dan sambungkan ke Internet.

Jika Anda di rumah, komputer Anda harus terhubung secara otomatis. Jika Anda bekerja di tempat lain selain di rumah, seperti bandara atau kedai kopi, Anda mungkin perlu menyambung ke Internet secara manual jika Anda belum terhubung dari lokasi itu sebelumnya. Karena Anda belum memiliki VPN, berhati-hatilah dengan Wi-Fi publik mana yang Anda hubungkan. Yang terbaik adalah menutup aplikasi sensitif seperti email sampai Anda merasa aman.

2. Putuskan antara VPN berbayar dan Perangkat Lunak VPN gratis.

VPN ditawarkan dalam versi berbayar dan gratis, dan keduanya memiliki kelebihan. Anda mungkin tidak memerlukan VPN skala penuh jika Anda hanya ingin mengakses Netflix atau BBC iPlayer dari berbagai negara, atau Anda ingin memastikan bahwa informasi login sosial Anda aman saat berada di kedai kopi; Anda biasanya dapat memperoleh apa yang Anda butuhkan dari layanan gratis.

Namun, jika Anda mencari enkripsi yang lebih komprehensif yang menyembunyikan semua aktivitas Anda dari pengawasan pemerintah atau melarang pelacak data dari perusahaan periklanan, Anda mungkin memerlukan layanan berbayar.  Waspadai layanan gratis karena beberapa akan menambahkan bilah alat yang tidak diinginkan, aplikasi pihak ketiga, dan menempatkan iklan pihak ketiga di situs web yang Anda kunjungi.

Ada banyak layanan VPN gratis yang dapat dipercaya seperti VPN Gate, TunnelBear, ProtonVPN, Windscribe, Cyber ​​Ghost dan Starter VPN. Perhatikan bahwa sebagian besar opsi gratis menawarkan batas data gratis sebelum menagih Anda untuk lebih banyak data, menjual data pengguna ke pihak ketiga, menambahkan banyak iklan aplikasi atau memberi label uji coba gratis sebagai paket gratis.

Tetapi beberapa layanan VPN, seperti ProtonVPN, sebagaimana dinyatakan dalam situs web mereka, tidak memiliki iklan yang menyerang privasi, tidak ada malware, tidak ada batas bandwidth, dan tidak secara diam-diam menjual data pengguna. Namun, ia juga memiliki beberapa batasan, seperti akses ke server dan perangkat yang dapat Anda gunakan secara bersamaan. Sebagian besar VPN juga berfungsi di Windows, Mac, tablet, dan telepon pintar.VPN juga dapat digunakan di dalam perusahaan untuk menghubungkan semua orang secara pribadi dan melindungi data perusahaan yang sensitif.

3. Unduh VPN yang Anda inginkan.

Arahkan ke situs web untuk VPN yang Anda inginkan. Anda akan melihat tombol unduhan di beranda, atau tautan di bilah navigasi laman untuk mengunduh. Klik tombol unduh dan ikuti petunjuk untuk mengunduh versi untuk sistem operasi Anda.Jika Anda membutuhkan VPN untuk bekerja, hubungi departemen TI perusahaan Anda untuk mendapatkan perangkat lunak VPN. Anda perlu menginstal perangkat lunak klien ke komputer Anda untuk mengakses server perusahaan Anda. Departemen TI Anda akan menentukan apakah komputer Anda kompatibel dengan perangkat lunak VPN, membantu Anda membuat komputer Anda kompatibel jika tidak, dan membantu Anda menginstal perangkat lunak dan mengkonfigurasi akses Anda ke VPN.

4. Instal Perangkat Lunak VPN Anda.

Setelah mengunduh perangkat lunak VPN ke komputer, temukan file yang diunduh. Buka dan ikuti perintah untuk menginstal dan memulai. Beberapa VPN seperti CyberGhost siap digunakan segera tanpa membuat akun. VPN lain mengharuskan Anda mendaftar dengan alamat email.Di Mac, Anda biasanya akan meluncurkan file .dmg dan diminta untuk menyeret aplikasi ke folder Aplikasi Anda. Jika komputer Anda dilindungi kata sandi, Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi saat diluncurkan pertama kali.

5. Baca ketentuan penggunaan.

Jika Anda menggunakan VPN untuk penggunaan pribadi, pastikan Anda membaca ketentuan penggunaannya. Beberapa VPN, terutama yang gratis, mungkin menginstal aplikasi pihak ketiga, atau memberi Anda batas data. Pastikan Anda dididik tentang apa yang VPN Anda berikan kepada Anda, apa yang dibutuhkan oleh Anda, dan jenis informasi apa yang dikumpulkannya.

6. Luncurkan perangkat lunak VPN Anda.

Setelah Anda mengunduh dan menginstal VPN Anda, saatnya untuk memulainya. Temukan aplikasi Anda dari folder Aplikasi, Taskbar, atau desktop / home screen Anda. Pada Windows, Anda mungkin memiliki ikon di desktop atau Anda mungkin harus mengklik ikon Windows di sudut kiri bawah layar dan memilih program dari Taskbar atau menu Programs. Di Mac, Anda dapat menemukan aplikasi VPN di folder ‘’ Aplikasi ’Anda.

Baca Juga : Cara Mengatasi Insomnia

Demikian adalah cara yang bisa digunakan untuk menggunakan VPN paling aman dan tepat.