Beli pulsa murah dan paket internet di appay.id
cara mudah merakit PC dengan baik
cara mudah merakit PC dengan baik

Cara Mudah Merakit PC dengan Baik dan Benar!

Untuk mendapatkan sebuah PC yang baik, terkadang saat membeli sebuah PC lengkap langsung jadi yang sudah siap pakai tidak akan cocok. Namun, dengan merakitnya sendiri mungkin akan jauh lebih mendapatkan hasil yang lebih memuaskan.

Mulai dari memilih komponen, mendesain serta lain sebagainya hingga menjadi sebuah PC yang idaman. Tapi, bagaimana jika kamu belum tahu? tenang Azka akan membagikan cara mudah merakit PC dengan baik dan benar yang dapat kamu terapkan. Simak ya!

Tahap 1

Ilustrasi : Prosesor

Mulai memasang Prosesor pada motherboard, Untuk memasang dengan cara yang baik, kamu harus mengacu pada tanda yang ada pada pojo kiri bawah prosesor.

Tahap 2


Ilustrasi : Cooler CPU

Lanjutkan memasang Cooler CPU. Caranya yakni dengan mencocokan lubang yang di motherboard dengan pengait di cooler CPU-nya. Oh ya, jika kamu memakai cooler CPU bawaan, biasanya sudah ada thermal paste-nya.

Tahap 3

Ilustrasi : Pasang Kabel CPU-FAN

Jika cooler CPU sudah terpasang, selanjutnya jangan lupa untuk memasang kabelnya ke motherboard. Di motherboard tertulis CPU-FAN.

Tahap 4

Ilustrasi : Memasang RAM

Lalu dengan memasang RAM. Azka rasa pastinya memasang RAM tidaklah sulit, hanya dengan harus cocokan saja. Karena kalau tidak cocok, hal ini tidak akan bisa terpasang. Jadi tidak akan ada namanya terbalik dan sejenisnya.

Tahap 5

Ilustrasi : Kerangka PC

Bongkar semua Case PC sampai dengan benar-benar tersisa rangkanya saja. Tiap case PC tentu ada cara membongkarnya, tapi terus terang tidalah sulit.

Tahap 6

Ilustrasi : Pasang I/0 Shield

Selanjutnya dengan memasang I/O Shield yang didapat dari motherboard kebagian belakang case PC. Pastikan semuanya dengan posisi yang cocok pada motherboard nantinya.

Tahap 7

Ilustrasi : Memasang Motherboard

Memasang Motherboard pada case PC. Cocok-cocokan saja dengan lubang buat yang ada. Kemudian baut semua yang bisa kamu baut. Tidak harus terlalu kencang, apabila dirasa mencocok-cocokan maka sudah cukup.

Tahap 8

Ilustrasi : Memasang Harddisk

Pasang Harddisk pada case PC. Pada setiap case PC sedikit sulit dan berbeda-beda. Salah satunya adalah ada yang dibaut tapi ada juga yang sudah sama dudukannya yang memakai rel.

Cara Mudah Merakit PC dengan Baik dan Benar!

Tahap 9

Ilustrasi : Memasang power supply

Tahap selanjutnya adalah dengan memasang Power Supply Unit pada case PC. Sama seperti biasa dengan cara mencocok-cocokan saja dengan baut yang ada.

Tahap 10

Ilustrasi : Kabel power 24-pin ATX.

Memasang kabel power motherboard atau biasanya disebut dengan kabel power 24-pin ATX.

Tahap 11

Ilustrasi : Memasang kabel power prosesor

Pasang kabel power prosesor atau yang bisa disebut dengan kabel 4-pin CPU. Untuk warnanya sudah pasti kuning dan hitam, Azka yakin kamu akan dengan mudah untuk mengenali kabel tersebut.

Tahap 12

Ilustrasi : Memasang kabel SATA

Pada paket pembelian motherboard sudah pasti kamu akan mendapatkan yang namanya kabel SATA. Pasangkan kabel tersebut di motherboard. Caranya seperti biasanya hanya dengan mencocok-cocokan saja, karena jika tidak cocok sudah pasti tidak akan bisa terpasang.

Langkah 13

Ilustrasi : Menghubungkan ke hard disk

Kemudian dibagian ujung satunya yang di kabel SATA, hubungkan ke hard disk.

Langkah 14

Ilustrasi : Menyambung ke kabel power

Karena hal ini hard disebut juga memerlukan power, Kamu ambil kabel Power SATA yang berasal dari PSU, lalu sambungkan saja ke hard disk.

Langkah 15

Ilustrasi : Pasang kipas

Pasang kipas (FAN COOLER) pada case PC. Intinya adalah yang ada dibagian depan akan mengeluarkan angin, sedangkan yang dibagian belakang akan menyedot angin. Kamu harus mengaturnya dengan sedemikian rupa agar bisa mendapatkan Air Flow yang baik.

Langkah 16

Ilustrasi : Menyambung kabel ke Motherboard

Langkah selanjutnya adalah dengan menyambung kabel dari case PC ke motherboard. Seperti biasa, cocok-cocokkan saja ya.

Langkah 17

Ilustrasi : Memasang kabel Front

Sambungkan kabel Front Panel dari case PC ke motherboard, Azka yakin kamu sudah pasti kamu dengan mudah mengenali kabelnya. Karena kabel tersebut kecil-kecil.

Langkah 18

Ilustrasi : Merapikan kabel PC

Jika dirasa semuanya sudah selesai. Rapikan kabel yang ada dibelakang case PC serta pasangkan semua bagian case PC yang sebelumnya sudah kamu lepas.

Langkah 19

Ilustrasi : Selesai dirakit

Yang terakhir adalah menghubungkan dengan sumber listrik dan nikmati PC idaman kamu, selesai.

Itulah ulasan cara mudah merakit PC dengan baik dan benar, Tidak sulit yang dibayangkan ya. Intinya kebanyakan hanya sekedar mencocok-cocokan saja.

Terima kasih ya sudah berkunjung ke Azka, saya harap kamu tidak pernah bosan mengingatkan untuk share ke media sosial kamu supaya juga dapat bermanfaat untuk orang lain.

Azka.id merupakan sebuah website yang membahas teknologi, baik itu aplikasi smartphone, tutorial android, komputer, berita dan tips kesehatan serta artikel menarik lainnya.

More Stories
Cara Membuat Stiker Whatsapp Wajah di Android
Cara Mudah Membuat Stiker Wajah Sendiri di WhatsApp dan LINE Pada Android