Beli pulsa murah dan paket internet di appay.id
Penyebab Komputer Restart Sendiri dan Solusinya
Penyebab Komputer Restart Sendiri dan Solusinya

Komputer Sering Restart Sendiri, Apa Penyebab dan Solusinya

Komputer sering restart sendiri itu hal yang sangat menjengkelkan, apalagi pada saat kita sedang mengerjakan tugas dengan Microsoft word. Tentunya hal ini bikin tugas yang sudah kita kerjakan akan hilang/terhapus.

Nah, untuk mengatasi masalah ini. Berikut ini akan Azka share mengenai komputer sering restart sendiri apa penyebab dan solusinya simak pembahasannya dibawah ini:

1# Processor Kepanasan

Prosesor adalah otak dari komputer, sama seperti dengan manusia kalau otak kita dipaksa untuk berfikir terus, maka kita akan jenuh, pusing dsb. Jika si processor ini menerima pekerjaan yang cukup berat dengan membuka banyak program sekaligus, dsb.

Maka processor pun akan kepanasan atau yang sering disebut dengan overheat. Untuk cara mengetahui komputer overheat atau tidaknya Anda bisa melakukan hal berikut ini :

  • Coba Anda cek temperature komputer melalui dengan menu Hardware Monitor yang ada pada BIOS
  • Silahkan untuk memakai program monitoring temperatur, misalnya CPUID Hardware Monitor untuk mengeceknya.
  • Atau coba cek langsung membuka casing CPU dan meraba sendiri bagian Pendingin (Cooler) Processor.

Komputer yang sering restart sendiri ini biasanya disebabkan oleh Processor yang kepanasan (overheat) dapat Anda coba tips berikut ini :

  • Bersihkan secara rutin atau secara berkala casing CPU dan cooler processor komputer Anda dengan mengunakan kuas cat yang bersih dan lakukan diruang yang terbuka.
  • Kemudian ganti thermal paste yang sudah kering dengan yang baru, karena thermal paste ini bisa digunakan sebagai perekat bagian prosessor dan cooler/pendingin.
  • Selanjutnya tempatkan komputer diruangan yang tidak terlalu panas, jika tidak ada tempat yang teduh dan Anda harus terpaksa menaruh komputer ditempat yang panas, maka Anda wajib memasang kipas angin pada CPU.

Bagaimana Solusi Komputer Sering Restart Sendiri?

2# Power Supply Kekurangan Daya

Komputer yang kekurangan daya dari power supply atau pencatu daya hal ini akan mengakibatkan performa yang kurang maksimal atau sering restart sendiri. Ini disebabkan karena mati atau macetnya kipas yang ada di power supply sehingga mengakibatkan overheat pada power supply itu sendiri.

untuk mengetahui hal ini sangat mudah ketika anda akan menyalakan power komputer biasanya terdengar suara kipas yang menyala atau cek secara manual dengan menyentuh bagian power supplynya langsung, jika terasa panas maka hal ini patut dicurigai.

3# Hardisk Bad Sector

Untuk mengatasi dan memperbaiki hardisk seperti itu dengan mengaktifkan program scandisk/checkdisk Anda bisa melakukan secara berkala proses defrag hardisk serta wajib mematikan komputer melalui tombol shutdown.

4# VGA Rusak

Komputer restart sendiri bisa disebabkan oleh VGA card yang rusak. Kerusakan pada VGA card ini bisa disebabkan oleh overheat yang dikarenakan kipas (fan) kotor karena debu.

Jika VGA card ini rusak akan mengakibatkan tampilan gambar pada layar monitor pun akan menjadi rusak dan ini memicu komputer me-restart dengan sendirinya.

5# RAM Rusak

Penyebab komputer restart sendiri karena RAM yang rusak. Seperti yang sudah saya alami pada beberapa waktu lalu, tapi hal ini memang wajar untuk saya yang jarang merawat komputer.

Kondisi RAM yang kotor membuat RAM bisa-bisa rusak dan akan membuat komputer sering restart dengan sendirinya. Perawatan pada komputer itu harus dilakukan secara berkala.

Demikian informasi yang dapat Azka sajikan untuk Anda terkait dengan komputer sering restart sendiri, apa penyebab dan solusinya semuga dapat bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa untuk share ya.

Azka.id merupakan sebuah website yang membahas teknologi, baik itu aplikasi smartphone, tutorial android, komputer, berita dan tips kesehatan serta artikel menarik lainnya.

More Stories
Niat Ngebor Sumber Air Malah Keluar Minyak Mentah