AzkaStore.com - Online Shopping store

Penyebab Bisnis Toko Online Mengalami Kegagalan

Memulai bisnis jual beli online atau bisnis e-commerce bisa menjadi solusi terbaik bagi anda yang memiliki modal pas-pasan. Namun, menjalankan bisnis jual beli online juga mempunyai tingkat kegagalan yang sangat tinggi yaitu mencapai 80 persen, menciptakan bisnis online yang sukses adalah lebih menantang daripada bisnis lainnya.

Setiap bisnis baru memang memiliki tantangan tersediri seperti halnya bisnis online e-commerce yang beresiko mengalami kegagalan yang sangat tinggi. saya akan memberikan beberapa hal yang menyebabkan mengapa bisnis toko online mengalami kegagalan. Semoga dengan tips dibawah ini dapat membantu Anda yang akan memulai bisnis online atau yang sedang menjalankan bisnis online bisa menghindari sebab-sebab kegagalan dan meraih sukses dengan toko online Anda.

Penyebab Bisnis Toko Online Mengalami Kegagalan

Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan bisnis toko online mengalami kegagalan. Perhatikan hal-hal penting dibawah ini serta pastikan Anda sudah menyiapkan dengan baik sehingga toko online Anda dapat meraih kesuksesan.

1. Kurangnya Investasi

Membuat situs toko online dan sewa hosting mungkin hanya membutuhkan uang yang sedikit. Namun, Anda perlu menyediakan dana tersendiri untuk menunjang kesuksesan bisnis toko online Anda.

Kebanyakan pelaku bisnis online pemula berfikir dengan mempunyai sedikit modal untuk produk dan memiliki toko online sudah cukup untuk membuat mereka menjadi sukses. Namun, kenyataanya Anda membutuhkan banyak modal untuk pemasaran, menambah produk atau mungkin modal untuk menggaji orang lain untuk operasional toko online Anda.

2. Keuangan Yang Tidak Jelas

Pada tingkat yang paling mendasar adalah pergerakan uang masuk dan keluar dari bisnis. Dalam bisnis e-commerce baru bisa mendapat masalah ketika mereka tidak memiliki cukup modal untuk tetap beroperasi. Misal Anda hanya menginvestasikan semua uang untuk persediaan barang dan tidak ada uang untuk pemasaran – sehingga penjualan tidak mengalami peningkatan dan menyebabkan bisnis stagnan.

3. Minim Stok

Manajemen persediaan dapat menjadi salah satu masalah yang paling signifikan yang akan dihadapi oleh pelaku bisnis toko online baru.

Untuk mengatasi masalah persediaan, sebaiknya Anda mempunyai persediaan yang cukup untuk produk yang banyak di beli. Selain itu Anda juga harus bekerja sama dengan pemasok produk yang Anda jual, mungkin Anda bisa menjual terlebih dahulu tanpa membeli dari pemasok, dan melakukan pembayaran saat sudah terjadi penjualan.

4. Banyaknya Kompetisi

Internet memudahkan setiap orang untuk membuat bisnis, bahkan dengan sedikit pengetahuan sudah dapat menjalankan bisnis ini. Nah, akibat dari banyaknya orang yang dapat dengan mudah memulai bisnis ini, tentu saja dapat menjadikan semakin tingginya kompetisi.

Jika Anda ingin memulai bisnis jual beli online, mulailah dengan berjualan produk yang sedikit persaingan. contoh, sangat sulit bagi sebuah toko online baru yang mencoba untuk menjual smartphone, yang sudah tersedia di ratusan toko online yang sudah sangat terkenal seperti sophee, lazada, bhinneka, blibli, jd, dan lain sebagainya.

5. Situs Web yang Buruk

Situs toko online harus mempunyai desain yang modern, harus aman, fungsional, memiliki fitur pencarian yang mudah, mudah diakses melalui dekstop atau mobile, serta mempunyai akses yang cepat.

6. Gambar Produk yang Buruk

Pembeli online tidak dapat secara fisik memeriksa produk yang Anda jual, sehingga mereka akan membutuhkan representasi visual yang kuat dari produk-produk yang anda tawarkan untuk membantu mereka memahami kwalitas produk, sehingga mereka merasa tertarik dan membelinya. Dengan demikian, foto produk yang buruk merupakan salah satu faktor yang menyebabkan kegagalan dari situs toko online. Jadi, pastikan pada setiap produk memiliki gambar yang terlihat menarik dan nyata.

7. Trafik Rendah

Lalu lintas atau traffic website adalah sebagai aliran pembeli masuk dan keluar dari toko Anda. Jika Anda ingin membuat penjualan meningkat, tentu saja Anda memerlukan lalu lintas ke website toko online anda meningkat.

Cara paling cepat untuk menigkatkan lalu lintas adalah dengan memasang iklan di google, facebook, instagram, twitter. Tapi dengan melakukan promosi dengan iklan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

8. Kurang Sabar

Bisnis online atau e-commerce membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk tumbuh. Jangan membayangkan mendapatkan keuntungan secara cepat. Semua bisnis butuh proses dan segala proses perlu kesabaran agar dapat sukses. Jadi, bersabarlah.