fbpx
Perbedaan Jaket, Sweater dan Hoodie yang Harus Diketahui - Azka

Perbedaan Jaket, Sweater dan Hoodie yang Harus Diketahui

Oleh. efadheyeha
21 Juni 2020 (7:38 PM)
Bagikan

Antara jaket, sweater dan hoodie memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Tak disangka, ternyata masih banyak orang salah atau terbolak-balik dalam membedakan ketiga pakaian tersebut. Tak jarang, ketiga jenis pakaian tersebut disamakan dengan sebutan jaket. Untuk meluruskan kesalahpahaman tersebut, maka artikel kali ini akan membahas tentang perbedaan jaket, sweater dan hoodie.

Kesamaan Jaket, Sweater dan Hoodie

Sebelum membahas apa saja perbedaan antara jaket, sweater dan hoodie, terlebih dulu kita perlu tahu persamaan ketiganya. Salah satu alasan kenapa masih ada orang yang tidak bisa membedakan antara jaket, sweater dan hoodie adalah karena ketiga outwear itu memiliki kegunaan yang sama.

Dilihat dari fungsinya, ketiganya sama-sama termasuk dalam pakaian penghangat tubuh yaitu untuk melindungi tubuh kita dari suhu dingin. Jaket, sweater dan hoodie juga sama-sama outwear yang fashionable dan cocok dipakai sebagai OOTD baik untuk cowok maupun cewek.

Apa Saja Perbedaan Jaket, Sweater dan Hoodie?

Jaket, sweater, dan hoodie biasanya dipakai pada musim dingin. Kalau di Indonesia, musim hujan. Seperti yang telah disebutkan diatas, bahwa kesamaan yang menonjol diantara ketiganya adalah fungsi pakainya sebagai outwear yang bisa membuat tubuh menjadi hangat. Namun, ketiga outwear ini memiliki banyak perbedaan baik dari jenis bahan, model, maupun desainnya.

Sadar atau tidak, kebanyakan dari kita kerap menganggap ketiganya sebagai jaket. Istilah jaket biasanya dirupakan sweater dan hoodie oleh orang awam. Nah, supaya tidak salah tafsir lagi, perbedaan perbedaan jaket, sweater dan hoodie akan dipaparkan di bawah ini.

1. Jaket

perbedaan jaket, sweater dan hoodie

Sumber: instagram.com/dilan199_1

Jaket bisa dikatakan sebagai outwear yang panjangnya mencapai pinggang/pinggul. Terkait bahan kain yang dipakai, biasanya menggunakan bahan denim, canvas, parasut, fleece dan sebagainya. Kebanyakan jaket mempunyai kancing atau resleting pada bagian depan dan bahannya tebal. Ada jaket yang mempunyai tudung kepala, ada juga yang tanpa tudung kepala.

Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama, kebutuhan fashion akan selalu berkembang seiring berjalannya waktu. Begitupula dengan jaket. Bahkan, sampai sekarang model jaket semakin banyak dan semakin bervariasi di pasaran. Contohnya jaket bomber, harrington, windbreaker, parka, varsity dan masih banyak lagi.

2. Sweater

perbedaan jaket, sweater dan hoodie

Sumber: wholesale7.net

Sweater berasal dari bahasa Inggris, yang berarti baju dari bahan yang tebal. Pada mulanya, sweater terbuat dari baahan wol. Namun, seiring dengan perkembangannya, sweater dibuat dari bahan katun, fleec, rajut, baby terry, maupun serat sintetis. Dilihat dari segi desain, sweater tidak memiliki kancing/resleting dan penutup kepala.

Sweater bisa dibilang cenderung terlihat carang dan kebanyakan sweater sedikit berbulu. Model sweater juga semakin kekinian. Bahkan, bisa dipakai kapan saja, tidak harus saat suhu rendah. Berbagai model sweater yang beredar di pasaran diantaraya sweater O Neck,turtleneck, V, dan lain-lain.

3. Hoodie

perbedaan jaket, sweater dan hoodie

Sumber: shopee.co.id

Merujuk dari asal kata “hoodie”, berarti tudung/penutup kepala. Secara umum, rancangan hoodie terdapat kantong pada bagian depan dan memiliki tali pada bagian leher untuk menyesuaikan penutup kepala. Pada bagian depan, ada yang menggunakan resleting dan tanpa resleting juga ada. Pemakaian hoodie kerap ditemui saat ada aktifitas olahraga, seperti jogging.

Begitulah perbedaan jaket, sweater dan hoodie. Meski telah menjadi outwear yang biasa dipakai atau sering terlihat di sekitar kita, tidak menjamin bahwa semua orang tahu perbedaan ketiganya. Semoga pembahasan pada artikel ini dapat memberi manfaat dan menambah wawasan, khususnya soal dunia fashion. Jadi, jangan sampai salah mengira lagi ya.

Terakhir disunting : 2 minggu yang lalu..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

×

Butuh bantuan?

×

  • Andi Wijaya
    Andi Wijaya mengulas Kemeja Blazer/Sweater Jas

    Paket sudah sampai, packing rapi, barang sesuai dengan deskripsi

    Andi Wijaya : Paket sudah sampai, packing rapi, barang sesuai dengan deskripsi

    2 bulan yang lalu..
  • Lainnya

    ×

    Azka Azka

    Dapatkan! Info & Produk Terbaru

    melalui media sosial Azka :
    Subscribe    

    ×


    ×

    ×

    Belum ada produk..
      Subtotal:

      * Belum termasuk ongkir..
      %0A%0A— — — — — — — — — — —%0A%0A — — — — — — — — — — —%0A%0ASubtotal : **%0A%0A — — — — — — — — — — —%0A%0A


      Catatan : Total harga + ongkir yang harus dibayar akan diinformasikan oleh admin Azka, setelah mengirim data pesanan.

      Kirim Pesanan