Beli pulsa murah dan paket internet di appay.id
print bolak balik di Microsoft Word
print bolak balik di Microsoft Word

3 Cara Print Bolak Balik di Microsoft Word

Kamu harus nge-print tugas sekolah, makalah, kantor ataupun dokumen pribadi dengan menggunakan Microsoft Word? Jika yang mau dicetak itu banyak banget tentunya harus melakukan cetak yang lebih efisien.

Untuk mengatasil hal tersebut kamu dapat mengikuti yang akan Azka susun artikel dibawah ini mengenai cara print bolak balik di Microsoft Word sehingga hal ini akan lebih menghemat waktumu. Langsung simak saja ya:

1# Cara Print Bolak Balik Secara Otomatis

Untuk metode mencetak dokumen bolak balik secara otomatis ini hanya dapat dilakukan dengan print yang telah didukung percetakan duplex atau duplex printing.

Untuk mengetahui apakah printer kamu telah di dukung atau tidak percetakan duplex, kamu dapat melihat buku manual printer kamu atau dapat cek di website official merek printer yang kamu gunakan.

Di website official HP, Epson dan Canon biasanya ada buku manual yang dapat kamu unduh dalam bentuk PDF. Setelah kamu mengecek dan ternyata printer kamu telah di dukung dengan duplex, maka kamu sudah dapat mencetak secara bolak balik.

Caranya cukup mudah, ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Langkah pertama buka dokumen di Microsoft Word yang ingin kamu cetak bolak balik.
  • Klik menu File.
  • Klik Print
  • Pada bagian settings, klik print one sided. Apabila pilihan print on Both sider tersedia, itu artinya printer kamu sudah siap untuk nge-print bolak balik.

2# Cara Print Bolak Balik Secara Manual

Apabila cara pertama diatas tidak dapat kamu lakukan dikarenakan printermu yang tidak support dengan duplex, kamu masih tetap bisa mencetak dokumen secara bolak balik dengan cara manual.

Cara ini sebenarnya tidak begitu ribet-ribet amat. Hanya saja jika kamu melakukan cara ini, disarankan jangan meninggalkan printer yang sedang mencetak dokumen kamu.

Ini karena, Microsoft Word akan mencetak setiap halaman yang ada disisi pertama lembar kertas terlebih dahulu. Baru setelah itu kamu harus membalik kerta tersebut agar halaman selanjutnya dapat dicetak disisi lain kerta.

Bagaimana Cara Print Bolak Balik di Microsoft Word?

Kalau dokumen yang akan dicetak banyak, memang akan memakan waktu. Jadi bagaimana cara mencetak dokumen secara bolak balik dengan manual di Microsoft Word?

  • Pertama membuka dokumen yang ingin dicetak bolak balik, klik menu File.
  • Klik Print.
  • Pada bagian Settings, klik Print One Sided, lalu klik Manually Print on Both Sides.
Ilustrasi : klik Print One Sided

Pada waktu saat mencetak tunggu beberapa saat, lama tidaknya tergantung dokumen yang sedang kamu cetak, Selanjutnya Microsoft Word akan meminta kamu untuk membalikan kertas-kertas tersebut agar bisa mencetak disisi lain.

3# Cara Print Bolak Balik Secara Manual (Ganjil Genap)

Selain pada poin dua diatas, ada juga cara lain untuk mencetak bolak balik dokumen secara manual yakni dengan menggunakan opsi Print Odd Numbered Pages.

  • Langkah pertama dan kedua sama seperti poin satu dan dua.
  • Setelah mengklik Print, kemudian pada Settings klik Print All Pages.
Ilustrasi : Print All Pages.
  • Scroll ke bawah, kemudian pilih Only Print Even Pages untuk halaman genap.
Ilustrasi : Only Print Even

Setelah semua halam genap selesai dicetak, klik Only pribadi Odd Pages hal ini untuk mencetak halaman selanjutnya pada sisi kertas yang lain.

Itulah bagaimana cara print bolak balik di Microsoft Word yang telah Azka susun untuk kamu yang sedang membutuhkan hal tersebut, semoga dapat membantu dan dapat bermanfaat ya. Terima kasih.

Azka.id merupakan sebuah website yang membahas teknologi, baik itu aplikasi smartphone, tutorial android, komputer, berita dan tips kesehatan serta artikel menarik lainnya.

More Stories
Aplikasi Instagram, WhatsApp dan Facebook Akan Jadi Satu