Riskesdas 2018: Jumlah Pengidap Diabetes dan Hipertensi Naik

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan prevalensi Penyakit Tidak Menular (PTM) mengalami kenaikan dibandingkan dengan Riskesdas 2013 lalu.

Berdasarkan pemeriksaan gula darah yang telah dilakukan, penyakit diabetes mellitus mengalami kenaikan yang mana pada Riskesdas 2013 berjumlah 6,9 persen menjadi 8,5 persen pada Riskesdas 2018. Sedangkan penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi naik dari 25,8 persen menjadi 34,1 persen.

“Kelihatannya kalau saya lihat angka, penyakit tidak menular harus mendapat perhatian. Kamu terlalu enak makan, diabetes naik, hipertensi naik, obesitas naik,” kata Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek, dilansir dari laman health.detik.com, Jumat (2/11/2018).

Adanya kenaikan prevalensi penyakit tidak menular ini dihubungkan dengan pola hidup masyarakat yang kurang sehat. Hal ini juga terlihat dari kurangnya konsumsi buah serta sayur.

“Jadi kita musti bertanya, kenapa kita sakit. Kalau ditarik ke hulu ya pasti perilaku. Kita musti mengubah mindset kita yang berparadigma sehat,” tutupnya.

Tulisan Terkait

Tinggalkan Komentar