Beli pulsa murah dan paket internet di appay.id
Tips Install Ulang Windows 10 Tanpa Kehilangan Data
Tips Install Ulang Windows 10 Tanpa Kehilangan Data

Tips Install Ulang Windows 10 Tanpa Kehilangan Data

Sekarang ini masih terdapat pengguna PC yang belum mengetahui hal tersebut, padahal ini sangat mungkin untuk install ulang Windows 10 tanpa harus kehilangan data seperti dokumen, musik, foto dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan tips install ulang Windows 10 tanpa kehilangan data dibawah ini, Anda tikda memerlukan product key, dan Anda bisa menginstall ulang Windows 10 sebanyak yang Anda mau selama pada saat install ulang bukan clean yang Anda pilih.

Untuk cara dibawha ini hanya berlaku jika Windows 10 yang Anda pakai masuk bisa masuk ke desktop. Namun, Windows 10 Anda sudah tidak bisa masuk ke desktop, cara satu-satunya adalah dengan clean install.

Tahap 1 :

Sambungkan USB Flashdisk/HDD Windows Anda ke PC yang akan Anda isntal ulang, selain menggunakan flashdisk, Anda juga bisa menggunakan DVD/ISO.

Apabila Anda memilih menggunakan ISO, carilah file ISO Windows 10 kemudian klik kanan dan pilih opsi Mount hal ini agar kondisi dari ISO tersebut dapat disimulasikan menjadi optical drive.

Jika Anda sama sekali tidak memiliki USB / DVD / ISO Windows 10, Anda dapat mendownload terlebih dahulu Windows 10 dari server Microsoft dengan menggunakan aplikasi resmi yang sudah disediakan.

Tahap 2 :

Buka This PC pada My Computer, kemudian klik kanan partisi yang telah terdapat instalasi Windows 10 didalamnya lalu pilih opsi New Window.

Tahap 3 :

Klik ganda pada file Setup.exe. Lalu klik YES jika ada pertanyaan User Account Control muncul.

Tahap 4 :

Dalam beberapa detik Anda akan disugukan halaman update untuk Windows 10, disini Anda diberi dua pilihan :

Download and install updates (direkomendasikan)
Not right now

Apabila PC Anda telah terkoneksi ke Internet, AplikasiPC merekomendasikan untuk memilih opsi pertama dengan label download.

Anda dapat membuang tanda centang yang ada pada kolom dengan label “I want to help make the installation of Windows better” hal ini untuk menghindari pengiriman data anonim ke server Microsoft pada saat instalasi berjalan.

Tips Install Ulang Windows 10 Tanpa Kehilangan Data

Kemudian pilihlah opsi yang sesuai dengan kondisi lalu klik tombol Next.

Tahap 5 :

Setelah Anda mengklik tombol Next, instalasi akan memulai mengecek update yang tersedia. Apabila sebelumnya Anda memilih opsi Not right now, maka halaman ini tidak akal muncul. Waktu pengecekan biasanya memerlukan waktu 5 menit.

Tahap 6 :

Pada tahap ini Anda akan disuguhi halaman dan syarat ketentuan dimana ini Anda harus perlu mengklik tombol Accept untuk melanjutkan instalasi.

Setelah Anda menekan tombol Accept, hal ini instalasi akan kembali mencari update dan mulai mengunduhnya secara langsung jika ada. Setelah proses pengecekan pembaruan selesai.

Kemudian instalasi akan melakukan pengecekan PC Anda apakah mampu untuk menjalankan Windows 10 serta tersedia ruang untuk isntalasi Windows 10 tersebut.

Tahap 7 :

Selanjutnya Anda akan kembali disuguhi perlu data apa saja yang akan Anda simpan.

Apabila halaman Ready to isntal muncul, klik dengan label Change what to keep, lalu pilih Keep personal file only lalu klik tombol Next.

Dan apabilan Anda mendapatkan halaman Choose what to keep, Anda akan diberikan tiga pilihan opsi diantaranya adalah :

  • Keep personal files and apps
  • Keep personal files only
  • Nothing

Karena hal ini Anda akan menginstall ulang Windows 10 tanpa kehilangan data, pilihlah opsi kedua dengan label keep personal files only sebelum Anda mengklik tombol Next.

Tips dari Azka: Anda dapat memilih juga opsi pertama dengan label Keep personal files and apps jika Anda ingin aplikasi yang sudah di instal sebelumnya tidak terhapus.

Setelah Anda mengklik tombol Next, instalasi akan memulai mengecek data yang di inputkan.

Tahap 8 :

Dan sekali lagi Anda akan disajikan oleh halaman Ready to install. Untuk kali ini Anda harus klik tombol Install. Setelah Anda mengklik tombol Install, Windows akan mulai instalasi, saat proses berlangsung, hal ini Windows akan restart beberapa kali.

Setelah selesai instalasi, Anda akan disajikan opsi untuk memilih Negara, bahasa, layout keyword dan zona waktu.

Tahap 9 :

Selanjutnya untuk halaman ini Anda klik Customize settings untuk mengubah pengaturan privasi. Ini Anda harus membaca satu persatu dan matikanlah opsi yang tidak Anda sukai.

Apabilan Anda sibuk, Anda juga bisa memilih Use Express serta mengubah pengaturan tersebut melalui settings app.

Kamudian Anda akan diberi pertanyaan dengan menggunakan akun Microsoft Anda, apabila Anda tidak ingin menggunakan akun Microsoft Anda, Anda dapat membuat akun lokal baru dari Windows 10 tersebut.

Seperti yang telah kita bahas diatas, Anda tidak akan ditanyai terkait dengan product key Windows 10 lagi, jika sebelum Anda telah menggunakan Windows 10, apabila Anda mengalami kesulitan pada saat melakukan aktivasi, Anda dapat menggunakan aplikasi Contact Support yang tersedia di Windows 10.

Tahap 10.

Tahap ini adalah yang terakhir, setelah proses instalasi selesai, cek kembali file Anda, Apakah ada ada file yang hilang.

Itulah beberapa tahap-tahapan install ulang Windows 10 tanpa kehilangan data, semuga dapat bermemfaat ya untuk Anda yang mengalami hal tersebut.

Azka.id merupakan sebuah website yang membahas teknologi, baik itu aplikasi smartphone, tutorial android, komputer, berita dan tips kesehatan serta artikel menarik lainnya.

More Stories
via Google Image
Sederhana! Tips Meningkatkan Omset Penjualan Online