fbpx
Wajib Tahu! Berbagai Macam Kain Bahan Beserta Karakteristiknya - Azka

Wajib Tahu! Berbagai Macam Kain Bahan Beserta Karakteristiknya

Oleh. efadheyeha
9 Mei 2020 (12:23 PM)
Bagikan

Mengenal berbagai macam kain akan memudahkan kita dalam memilih baju yang berkualitas dan tepat guna. Apalagi seiring dengan perkembangan toko online, kita juga dituntut lebih cerdas dalam memilih baju supaya tidak kecewa dikemudian hari.

Berbelanja dapat dikatakan salah satu kebutuhan penting bagi kebanyakan orang. Model dan gaya fashion berkembang pesat seiring dengan ketertarikan orang dalam membeli sesuatu. Pengenalan terhadap jenis kain bahan akan membantu kita dalam mengikuti tren fashion yang ada.

macam kain

Kain Katun

Kain katun merupakan salah satu bahan kain yang banyak disukai orang-orang karena nyaman dipakai, adem, dan gampang nyerap keringat. Jenis kain ini dibaut dari serat kapas.

Kain Drill

Selanjutnya, ada kain drill. Tekstur kain ini lebih kaku dan tebal. Daya serap keringatnya juga bagus. Kain ini cocok untuk bahan utama bottom seperti celana, culotte atau rok. Selain itu, bisa juga dibuat topi dan seragam pekerja pabrik.

Kain Rayon

Biasanya, kain rayon tampak berkilau dan tidak mudah kusut. Dalam berbagai kondisi cuaca, bahan kain ini tetap dipakai karena adem dan juga gampang nyerap keringat. Kain rayon memiliki tekstur mengkilap, agak licin, dan kesan jatuh.

Polyester

Kalau jenis kain bahan ini memang tidak mudah menyerap keringat. Bahannya gampang kusut, warna gampang pudar, dan teksturnya agak kasar. Kualitasnya rendah dan harga jual pun murah.

Kain Linen

Linen terbuat dari serat alami tumbuhan sehingga akan lebih mudah membedakan linen. Linen terlihat jelas dan kaku, tapi teksturnya lebih halus. Harga jual linen di pasar tergolong lebih tinggi bila dibandingkan dengan harga katun.

macam kain

Kain Denim

Oiya, istilah denim sama jeans itu beda ya. Kalau denim itu jenis kain, sementara jeans itu produk celana yang bebahan denim. Denim kerap dijadikan bahan celana panjang, jaket, sepatu, rok, tas, dan juga dress.

Kain Sutera

Kain sutera pasti sangat familiar di telinga kita, namun jarang dilihat karena harganya yang sangat mahal dan hanya orang-orang tertentu saja yang punya. Kain ini terbuat dari serat alami, yang paling umum terbuat dari kepompong larva ulat sutra murbei. Kain ini memiliki tekstur lembut, mulus, dan tidak licin.

Kain Wool

Kain ini berasal dari serat alami bulu domba. Jenis kain ini memiliki kesan mewah dan bertekstur tebal. Namun, bahan wool gampang serap air sehingga agak susah kalau bersihin noda yang nempel. Biasanya, wool dijadikan bahan untuk pakaian musim dingin seperti sweater, jaket dan scarf.

macam kain

Kain Jersey

Bahan kain ini biasa ditemui pada produk kaos jerrsey bola, selimut musim dingin, dan juga gamis. Kain ini terbuat dari serat katun dan juga bisa dicampur serat sintesis. Kain jersey memiliki karakteristik halus, elastis, tidak berbulu, gampang melar, dan cukup tebal.

Brokat

Berbagai macam kain brokat kebanyakan dijadikan baju-baju pesta seperti kebaya, dres dan sebagainya. Biasanya brokat ditambahin ornament tertentu (seperti manik-manik). Motif brokat juga cantik-cantik sehingga terkesan anggun dan mewah.

Chiffon

Bahan Chiffon atau sifon merupakan bahan yang berasal dari perpaduan beberapa komponen mulai dari sutra, nilon, polyester, katun dan rayon. Karakteristik kain ini tipis, dan samar-samar agak mengkilap. Bahan kain ini sering digunakan dalam pembuatan pakaian formal dan gaun pesta

Woolpeach

Kain woolpeach atau wolfis biasanya dijadikan produk gamis, atasan dan berbagai model hijab. Bahan ini terbuat dari campuran kain sutra, katun dan ditambah juga dengan serat sintetis. Kombinasi ini membuat karakteristik wolfis tebal, nyaman dipakai, dan bertekstur halus.

Diantara bahan kain yang telah disebutkan diatas, sebenarnya masih ada banyak lagi macam macam kain yang lain seperti scuba, maxmara, wedges, balotelli dan sebagainya. Melalui pengetahuan tentang jenis bahan kain, kita dapat memilih dan memilah pakaian saat berbelanja online.

Terakhir disunting : 3 minggu yang lalu..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

×

Butuh bantuan?

×

  • Andi Wijaya
    Andi Wijaya mengulas Kemeja Blazer/Sweater Jas

    Paket sudah sampai, packing rapi, barang sesuai dengan deskripsi

    Andi Wijaya : Paket sudah sampai, packing rapi, barang sesuai dengan deskripsi

    4 minggu yang lalu..
  • Lainnya

    ×

    Azka Azka

    Dapatkan! Info & Produk Terbaru

    melalui media sosial Azka :
    Subscribe    

    ×


    ×

    ×

    Belum ada produk..
      Subtotal:

      * Belum termasuk ongkir..
      %0A%0A— — — — — — — — — — —%0A%0A — — — — — — — — — — —%0A%0ASubtotal : **%0A%0A — — — — — — — — — — —%0A%0A


      Catatan : Total harga + ongkir yang harus dibayar akan diinformasikan oleh admin Azka, setelah mengirim data pesanan.

      Kirim Pesanan